CENOTE, Kolam Alami di Semenanjung Yucatan,Meksiko | jaybrytp

Sabtu, 26 Oktober 2013

Cenote berasal dari bahasa suku Maya "Dzonot" atau "Ts'onot" yang berarti suci. cenote terbentuk dari batuan kapur longsor selama jutaan tahun hingga membentuk kolam-kolam alami yang menampung air hujan dan bercampur dengan air tanah. Cenote sangat berarti bagi kehidupan suku maya pada waktu itu, selain sebagai sumber air utama untuk kehidupan, cenote juga untuk upacara keagamaan karena cenote di percaya sebagai tempat terhubung dunia manusia dan dewa. Penelitian membuktikan adanya upacara keagamaan di sekitar cenote termasuk upacara pengorbanan manusia.


Cenote paling terkenal adalah cenote yang ada di Chichen Itsa yang berdiameter hingga puluhan meter. Air cenote yang sangat jernih telah menarik para wisatawan dan penyelam gua dari seluruh dunia untuk mendokumentasikan sistem gua air yang luas, beberapa yang telah di eksplorasi bahkan mencapai ratusan kilometer.

beberapa cenote bahkan sudah berubah menjadi kolam renang untuk wisatawan umum. seperti cenote Zaci di Valladolid dan Cenote San Ignacio di Chochola. Kini di sekitar cenote telah di bangun berbagai fasilitas seperti restoran untuk kenyamanan para wisatawan.































0 komentar:

Posting Komentar