Jejak-jejak Dinosaurus Di Dinding Cal Orcko | jaybrytp

Sabtu, 19 Oktober 2013

http://www.athba.net/
Athba.net-Ketika sebuah pabrik semen di bolivia memperluas daerah tambangnya seorang pekerja tambang menemukan jejak dinosaurus di dinding yang kemudian di namakan situs Cal Orcko (baca Cal Orko) yang merupakan jejak dinosaurus terbanyak dalam satu kawasan yang pernah di temukan.
 Dinding kapur besar dengan panjang 1,2 kilometer dan tinggi 80 meter dengan 462 jalur jejak dinosaurus yang di perkirakan di buat pada periode ke cretaceous. Dinding itu awalnya merupakan tepian danau yang merupakan habitat berbagai dinosaurus,carnivora maupun herbivora. Karena jejak kaki yang tertimbun lumpur dengan cuaca yang lembab maka jejak itu pun mengering,ketika musim penghujan datang maka cetakan jejak kaki dinosaurus tadi menjadi semacam cetakan yang di awetkan. Seiring berjalannya waktu,Karena pergerakan lempeng tektonik selama jutaan tahun tanah yang datar itupun terdorong ke atas hingga menjadi pemandangan dinding menakjubkan seperti ini.







Pertama kali di temukan pada tahun 1985 oleh para penambang,tetapi tak pernah di anggap penemuan penting, hingga datang tim peneliti ilmiah yang di pimpin seorang ahli paleontologi dari swiss CHRISTIAN MEYER meneliti dinding pada tahun 1994-1998. Menurut Christian ini adalah penemuan penting untuk kemanusiaan dan pengetahuan. Juga mengetahui seberapa banyak keragaman dinosaurus yang pernah hidup dan situs ini lebih lengkap dari situs manapun di dunia.









Pada tahun 2006 situs di buka untuk umum, dimana terdapat replika dinosaurus yang meninggalkan jejak kakinya di sana,museum dan juga dinding sepanjang 150 meter untuk skala perbandingan betapa besarnya Cal Orcko.














0 komentar:

Posting Komentar