Jagung Pelangi Dari Oklahoma | jaybrytp

Selasa, 08 Oktober 2013

Berbagai inovasi baru di dunia pangan saat ini memang sedang marak dilakukan di berbagai tempat di dunia. Seperti inovasi dalam bentuk buah semangka yang diciptakan oleh petani Jepang. Seorang petani di Jepang menciptakan buah semangka unik berbentuk hati. Kali ini ada sebuah inovasi baru dalam dunia pertanian. Kali ini giliran petani asal Amerika Serikat yang menciptakan varietas baru pada tanaman jagung. Jenis varietas jagung yang kali ini diciptakan adalah jagung dengan bulir yang berwarna warni oleh petani Cherokee, Oklahoma, Amerika

Jagung dengan bulir warna-warni ini disebut dengan Glass Gem Corn yang merupakan varietas khusus. Seunik namanya, bulir-bulir jagung ini lebih mirip dengan permata yang terbuat dari kaca saking indahnya bulir jagung itu. Sekilas melihatnya, kita akan membayangkannya dijadikan gelang atau kalung lucu karena warna-warninya yang menggemaskan.

Bibit jagung ini sendiri dikembangkan oleh petani suku Cherokee di Oklahoma, Amerika. Pada awalnya para petani ini sering memperhatikan perbedaan warna yang terdapat pada bulir jagung yang mereka panen. Kemudian salah seorang petani jagung Carl Barnes mencoba untuk menyilangkan jagung-jagung yang memiliki bulir-bulir berwarna tersebut. Setelah usaha dan kerja kerasnya selama bertahun-tahun akhirnya Carl bisa mendapatkan warna bulir yang berbeda-beda dala satu buah jagung.

Namun sayangnya sang penemu tersebut telah meninggal dunia, akan tetapi sebelum meninggal dunia Carl menurunkan rumus penyilangan jagung tersebut kepada Greg Schoen untuk kemudian menyerahkan bibitnya kepada Bill McDorman, salah seorang ketua yayasan yang melindungi warisan agrikultur suku asli Amerika. Bill kemudian mengembangkan pembibitan tersebut di Arizona.

Sekarang ini bibit Glas Germ Corn sudah dapat dibeli secara luas melalui online dengan harga 7.95 USD per paketnya atau sekitar 88 ribu rupiah. Hmmm tertarik mencicipi rasa jagung unik dan cantik ini?
























0 komentar:

Posting Komentar