5 Kisah Dongeng Yang Ada di Kehidupan Nyata | jaybrytp

Minggu, 17 November 2013



Athba.net-Dongeng sihir dan monster, para tokoh pangeran tampan dan sang putri, mungkin mengandung imajinasi kanak-kanak yang sering tak realistis, akan tetapi kacamata sains mengungkapkan ini: ada beberapa hal dalam dongeng yang tidak mengada-ada.

 Beberapa karena tekhnologi paling terkini sebagian lagi karena penyakit atau kelainan genetik yang di alami seseorang.

Berikut beberapa kasus langka yang hanya ada di kisah dongeng kanak-kanak yang terjadi di kehidupan nyata.






1. Cermin ajaib

Cermin ajaib memiliki kemampuan luar biasa, tergantung pada kisahnya. Dalam "Snow White", cermin mampu menjawab pertanyaan secara jujur selama memungkinkan (satu pertanyaan sia-sia yang ditanyakan Ratu, "Siapa wanita tercantik di seluruh dunia?")

Di kisah "The Magic Mirror" karya Aleksandr Afanas'ev, terdapat benda memesona yang memiliki kemampuan yang sama dan juga dapat memperlihatkan gambar seketika di mana pun Anda inginkan.

Teknologi telah memberikan kita cermin kecil ajaib yakni Siri, aplikasi iPhone untuk menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi, dan melakukan tindakan dengan mendelegasikan permintaan melalui akses Internet. Jika ditanya, Siri akan memperlihatkan pada Anda gambar lokasi, orang, atau sesuatu. Sampai mencoba menjawab semua pertanyaan yang Anda ajukan.

Beberapa pengembang saat ini mencoba mengubah cermin besar ke dalam pusat informasi. Laboratorium Riset dan Pengembangan The New York Times misalnya, bekerja pada layar yang memantulkan cahaya.

Kini "cermin ajaib" mengizinkan Anda untuk melihat artikel terbaru New York Times dan video, seperti jadwal dalam kalender pribadi Anda, toko online serta bertukar pesan dengan "cermin ajaib" lainnya di rumah tangga Anda.


2. Penyihir Oz

Penyihir jahat kuat dari Barat dalam cerita "Wizard of Oz", yang memiliki satu kelemahan aneh dan fatal yakni air—yang menyebabkan tubuhnya meleleh.

Sulit dibayangkan jika air memiliki efek seperti pada tubuh manusia yang terdiri atas darah dan daging. Namun tak berarti H 2O ini selalu jinak. Tanyakan pada seseorang yang mengalami Aquagenic urticaria.

Aquagenic urticaria adalah gangguan langka yang menyebabkan kulit gatal dan nyeri setelah terkena air beberapa menit (pada kasus yang sama, termasuk keringat dan air mata penderitanya). Berdasarkan studi yang telah dupublikasikan jurnal Annals of Dermatology,sedikit 100 kasus Aquagenic urticaria tercatat dalam literatur ilmiah sejak awal dijelaskan pada 1964.

Jika si Wicked Witch memiliki Aquagenetic urticaria, melemparkan air padanya memang tidak akan membunuhnya, tapi nyeri tiba-tiba dan mengagetkan mungkin cukup untuk membuatnya menangis sambil berkata, "Saya meleleh! Meleleh! Oh, dunia apa ini! Dunia apa ini!.

3.Puteri Salju

Dalam kisah Puteri Salju yang mengigit sebutir apel lalu jatuh koma, Puteri Salju hanya dapat dibangunkan dengan kecupan cinta sejatinya.

Tetapi ada penjelasan sederhana tentang tidurnya Puteri Salju: bakteri. Listeria monocytogenesis, bakteri berbentuk batang yang tinggal di berbagai makanan, termasuk apel. "Ini menyebabkan meningitis dan sering membuat pusing dan membuat pingsan hingga koma," kata Dr. George Thompson, asisten profesor kedokteran di University of California, Davis.

Bedanya, diperlukan lebih dari kecupan siapapun untuk membangunkan seseorang dari meningitis koma, kecuali kecupan itu telah— entah bagaimana— dibubuhi dosis besar antibiotik.


4.Pinokio

Berasal dari kayu, Pinokio menjadi anak laki-laki nyata dengan bantuan sihir. Dalam dongeng di televisi ABC "Once Upon a Time", kita melihat hal sebaliknya, Pinokio, saat ini pria yang tumbuh tanpa sihir di dunia ini, berubah menjadi kayu.

Ini terjadi, tentu saja, adalah omong kosong— kecuali Pinokio memiliki Epidermodysplasia verruciformis, kelainan kulit genetik langka yang ditandai dengan risiko tinggi kanker kulit.

Kekurangan kekebalan tubuh dapat membuat orang sangat rentan terhadap berbagai jenis human papillomavirus (HPV), termasuk menyebabkan kutil barklike.

Pada tahun 2008, seorang pria Indonesia bernama Dede Koswara (yang dikenal dengan nama 'Manusia Pohon') membuat dunia terenyak dengan kutil barklike yang tumbuh dari tangan dan kaki. Dokter mengatakan ini disebabkan kombinasi Epidermodysplasia verruciformis dan virus HPV-2.

Virus yang menyerang (membajak) sel-sel kulit Dede Koswara, juga meningkatkan jumlah keratin (protein berserat yang bertanggung jawab menumbuhkan rambut dan kuku). Dengan sistem kekebalan tubuh Dede yang lemah, kutil keratin tumbuh di luar kendali, membentuk kepadatan, dan memicu tumbuhnya bongkol pada kulit.

5.Manusia serigala

Dunia dongeng memberikan sejumlah contoh makhluk misalnya manusia serigala seperti Beast dari "Beauty and the Beast" atau serigala dalam beberapa interpretasi seperti "Little Red Riding Hood". Tetapi manusia serigala nan menakutkan ini mungkin hanya korban malang dari suatu kondisi medis.

Hipertrikosis, yang diketahui sebagai sindrom manusia serigala, didefinisikan dengan gejala jumlah rambut berlebihan, baik di seluruh tubuh atau hanya di daerah tertentu.

Kadang ada orang yang terlahir berbulu disebabkan mutasi genetik yang langka. Sedangkan ada orang lain yang memperoleh hipertrikosis di kemudian hari sebagai efek samping dari obat-obatan dan bahan kimia tertentu, atau bahkan beberapa jenis kanker.

Kasus sindrom manusia serigala yang pertama yang dilaporkan sekitar tahun 1600-an — Petrus Gonzales dari Kepulauan Canary, bersama dua putrinya, anak, dan cucu, memiliki kondisi seperti ini.

Dan pada abad ke-19, orang-orang dengan hipertrikosis, seperti Jo-Jo anak laki-laki dengan wajah menyerupai hewan anjing, Lionel pria yang berwajah seperti hewan singa dan wanita berjenggot—menjadi bahan tontonan dan bukan ditakuti.
Sumber: antaranews

0 komentar:

Posting Komentar